Kompetensi Keahlian

SMK Telkom Lampung memiliki empat kompetensi keahlian yang bisa kalian pilih. Keempat kompetensi keahlian ini saling berkaitan satu sama lain. Sehingga dengan dukungan guru-guru kami yang keren nantinya kalian bisa mempelajari semuannya.

Rekayasa Perangkat Lunak

Mempelajari seluruh aspek produksi software seperti aplikasi web dan aplikasi mobile.

Web Development

Siswa nantinya akan belajar dan dituntut untuk bisa membuat aplikasi berbasis web dengan teknologi pemrograman sesuai standar industri. Back-end menggunakan Node JS/Laravel, dan Front-end menggunakan React JS/Vue JS.

Mobile Development

Siswa nantinya akan belajar dan dituntut untuk bisa membuat aplikasi berbasis mobile dengan teknologi pemrograman sesuai standar industri. Bahasa pemrograman yang dipelajari meliputi Java, Kotlin, Swift (iOS), React Native, dan Flutter.

Kesempatan Kerja

Lulusan RPL banyak bekerja pada posisi mobile developer, web developer, database engineer, system analyst, UI/UX designer, freelancer/kerja remote, dan berwirausaha dibidang IT.

Teknik Komputer dan Jaringan

Mempelajari cara merakit, instalasi, dan perbaikan komputer, instalasi jaringan Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN), serta internet of things (IoT).

Jaringan Kabel & Nirkabel

Siswa nantinya akan belajar dan dituntut untuk bisa membangun jaringan berskala kecil hingga besar dengan peralatan jaringan seperti cisco, mikrotik, access-point, switch, dll.

Administrasi Server

Siswa nantinya akan belajar dan dituntut untuk bisa menginstalasi sebuah server beserta konfigurasinya dengan basis linux. Konfigurasinya meliputi web server, FTP server, mail server, proxy server, DNS server, database server, dll, serta juga mempelajari cloud computing dan cyber security.

Kesempatan Kerja

Lulusan TKJ banyak bekerja pada posisi network designer, network engineer, network operating center (NOC), DevOps, dan berwirausaha dibidang IT.

Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi

Pada kompetensi keahlian ini, para siswa SMK dituntut untuk bisa memahami, mengoperasikan hingga memelihara berbagai perangkat utama dan pendukung jaringan telekomunikasi yang digelar oleh berbagai operator telekomunikasi maupun perusahaan-perusahaan pengguna sarana telekomunikasi sebagai infrastruktur pendukung core business-nya. Jangkauan yang harus mereka (para siswa SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Jaringan Akses) kuasai meliputi Jaringan Lokal Akses Tembaga, Jaringan Lokal Akses Fiber Optik, dan Jaringan Lokal Akses Radio.

Jaringan Fiber Optic

Siswa nantinya akan belajar dan dituntut untuk bisa membangun jaringan berskala besar menggunakan teknologi kabel fiber optic, siswa akan diberikan ilmu tata cara mengoperasikan jaringan fiber optic mulai dari penyambungan hingga pemasangan.

Jaringan Nirkabel / Wirelesss

Selain jaringan kabel fiber optic siswa juga akan diberikan kompetensi jaringan nirkabel atau jaringan wireless yaitu sebuah jaringan tanpa kabel seperti yang ada pada BTS seluler.

Kesempatan Kerja

Industri Telekomunikasi seperti PT Telkom Grup, Provider Seluler, serta Vendor telekomunikasi seperti Huawei, Nokia, Siemens, ZTE dan beberapa Tower Provider di Indonesia kemudian Industri Internet Service Provider (ISP) misalnya Biznet, DNet, dan semua penyedia jasa internet, dan hosting juga berpeluang untuk Menjadi Content Creator dan usaha software house / pengembang aplikasi dan design.

Animasi

Pada kompetensi keahlian ini, akan mempelajari gambar bergerak dari sekumpulan objek atau gambar yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau obyek tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan. Saat ini banyak industri yang menggunakan cara promosi atau marketing dengan menggunakan animasi untuk mengenalkan produk mereka kepada masyarakat

Videografi

Siswa nantinya akan mempelajari bagaimana mempresentasikan konsep dan kegunaan videografi dalam animasi, memahami proses dan teknik videografi hingga mempresentasikan hasil karya videografi. Secara teknis, siswa akan dibekali agar mampu berkarya videografi (membuat skenario, storyboard, pengambilan gambar produksi, editing-dubing-pemberian animasi dan melakukan pasca produksi). Selain itu juga membekali peserta didik agar mampu melaksanakan editing video dengan software yang ada misalnya adobe premier,pinnacle dan corel video studio.

Animasi 2D

Animasi 2D akan mempelajari tentang prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector) dan membuat gambar obyek menggunakan aplikasi animasi 2D dengan berbagai teknik. Selain itu akan dibahas juga  bagaimana membuat produk animasi 2D hingga membuat review terhadap produk animasi 2D.

Peluang Kerja

SMK Jurusan Animasi mempersiapkan para siswanya untuk menjadi animator profesional sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja bagi para lulusan SMK Jurusan Animasi :

  • Desainer Video Game
    Animasi tidak hanya pada film saja, game pun juga membutuhkan animator. Tugas seorang desainer video game adalah merancang dan mendesain fitur inti dari video game. Menentukan permainan inovatif dan mekanika peran, alur cerita, dan biografi karakter.
  • Animator dan Seniman Multimedia
    Merancang dan membuat efek khusus, animasi, atau gambar visual lainnya menggunakan film, video, komputer, atau alat elektronik lainnya dan media untuk digunakan dalam produk atau kreasi, seperti permainan komputer, film, video musik, dan iklan.
  • Desainer Visual Efek
    Visual effects designer bertugas membuat special effects untuk kebutuhan industri kreatif seperti film, acara televisi, iklan, music video hingga video games. Visual effects designer biasanya bekerja di post-produksi dalam industri kreatif namun terkadang juga harus bekerja di saat pre-produksi yaitu melihat script dimana seorang VFX Designer harus menempatkan effect, berdiskusi dengan tim lightning, set designer, costume designer, dan lainnya.
  • Illustrator
    Illustrator adalah seseorang yang menggambar ilustrasi sesuai dengan maksud dan tujuan tertentu. Ada dua pilihan untuk menjadi ilustrator, yaitu bekerja secara freelance ataupun terikat dalam suatu perusahaan.
  • Storyboard Artist
    Prospek kerja animator berikutnya adalah storyboard artist, yaitu orang yang bertugas mengubah naskah yang ada dalam bentuk gambar. Dalam sebuah film, video yang ditampilkan merupakan kumpulan gambar dari storyboard artist ini.
  • Desain Karakter
    Tanggung jawab dari pekerjaan ini adalah menggambar karakter yang akan ditampilkan secara lengkap, mulai dari pakaian yang dikenakan hingga ekspresinya.