Program Keahlian

SMK Telkom Lampung memiliki tiga program keahlian yang bisa kalian pilih. Ketiga program keahlian ini saling berkaitan satu sama lain. Sehingga dengan dukungan guru-guru kami yang keren nantinya kalian bisa mempelajari semuannya.

Rekayasa Perangkat Lunak

Mempelajari seluruh aspek produksi software seperti aplikasi web dan aplikasi mobile.

Web Development

Siswa nantinya akan belajar dan dituntut untuk bisa membuat aplikasi berbasis web dengan teknologi pemrograman sesuai standar industri. Back-end menggunakan Node JS/Laravel, dan Front-end menggunakan React JS/Vue JS.

Mobile Development

Siswa nantinya akan belajar dan dituntut untuk bisa membuat aplikasi berbasis mobile dengan teknologi pemrograman sesuai standar industri. Bahasa pemrograman yang dipelajari meliputi Java, Kotlin, Swift (iOS), React Native, dan Flutter.

Kesempatan Kerja

Lulusan RPL banyak bekerja pada posisi mobile developer, web developer, database engineer, system analyst, UI/UX designer, freelancer/kerja remote, dan berwirausaha dibidang IT.

Teknik Komputer dan Jaringan

Mempelajari cara merakit, instalasi, dan perbaikan komputer, instalasi jaringan Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN), serta internet of things (IoT).

Jaringan Kabel & Nirkabel

Siswa nantinya akan belajar dan dituntut untuk bisa membangun jaringan berskala kecil hingga besar dengan peralatan jaringan seperti cisco, mikrotik, access-point, switch, dll.

Administrasi Server

Siswa nantinya akan belajar dan dituntut untuk bisa menginstalasi sebuah server beserta konfigurasinya dengan basis linux. Konfigurasinya meliputi web server, FTP server, mail server, proxy server, DNS server, database server, dll, serta juga mempelajari cloud computing dan cyber security.

Kesempatan Kerja

Lulusan TKJ banyak bekerja pada posisi network designer, network engineer, network operating center (NOC), DevOps, dan berwirausaha dibidang IT.

Teknik Jaringan Akses

Pada kompetensi keahlian ini, para siswa SMK dituntut untuk bisa memahami, mengoperasikan hingga memelihara berbagai perangkat utama dan pendukung jaringan telekomunikasi yang digelar oleh berbagai operator telekomunikasi maupun perusahaan-perusahaan pengguna sarana telekomunikasi sebagai infrastruktur pendukung core business-nya. Jangkauan yang harus mereka (para siswa SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Jaringan Akses) kuasai meliputi Jaringan Lokal Akses Tembaga, Jaringan Lokal Akses Fiber Optik, dan Jaringan Lokal Akses Radio.

Jaringan Fiber Optic

Siswa nantinya akan belajar dan dituntut untuk bisa membangun jaringan berskala besar menggunakan teknologi kabel fiber optic, siswa akan diberikan ilmu tata cara mengoperasikan jaringan fiber optic mulai dari penyambungan hingga pemasangan.

Jaringan Nirkabel / Wirelesss

Selain jaringan kabel fiber optic siswa juga akan diberikan kompetensi jaringan nirkabel atau jaringan wireless yaitu sebuah jaringan tanpa kabel seperti yang ada pada BTS seluler.

Kesempatan Kerja

Industri Telekomunikasi seperti PT Telkom Grup, Provider Seluler, serta Vendor telekomunikasi seperti Huawei, Nokia, Siemens, ZTE dan beberapa Tower Provider di Indonesia kemudian Industri Internet Service Provider (ISP) misalnya Biznet, DNet, dan semua penyedia jasa internet, dan hosting juga berpeluang untuk Menjadi Content Creator dan usaha software house / pengembang aplikasi dan design.